Minggu, 21 Oktober 2012

Berharganya gizi bagi kesehatan


Asupan gizi pada tubuh memegang peranan penting bagi kesehatan.Jika asupan gizi dalam tubuh terpenuhi manfaat dari gizi juga masuk dalam tubuh maka tubuh seseorang akan tidak mudah sakit dan kehidupan sehari-hari akan berjalan baik karena organ-organ dalam tubuh bekerja optimal.

Dalam pengertian gizi itu sendiri terdapat dua bagian yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan yaitu makan dan kesehatan tubuh.Pada anak-anak kekurangan gizi menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh menjadi terhambat.untuk masa pertumbuhan asupan gizimemegang peranan penting untuk selsel tubuh yang sedang berkembang.

Manusia memang harus sangat memperhatikan kebutuhan gizi
bagi tubuhnya.Gizi dalam makanan  sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak cepat terkena penyakit,sebagai stabilitas emosional,kesehatan,bisa juga untuk sebangat dalam menjalani kehidupan.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi kita,empat sehat lima sempurna merupakan makanan yang harus diingat.Seseorang yang kekurangan zat gizi cenderung  mudah terkena penyakit,daya tahan tubuh yang rendah dan dalam menjalani hidupnya kurang semangat berbeda dengan orang yang sangat memperhatikan gizi makanan yang dikonsumsinya,mereka tidak mudah terkena penyakit,memiliki mata yang jernih,kulit yang bersih bentuk tubuh bagus.

Makan makanan yang beraneka ragam yang mengandung unsur-unsur zat gizi yang diperlukan tubuh akan menjamin terpenuhinya kecukupan sumber tenaga,zat pembangun dan zat pengatur.

Contoh  sumber zat pembangun adalah yang berasal dari bahan makanan nabati misalnya tempe,tahu,kacang-kacangan.Sumber tenaga misalnya beras gandum,umbi-umbian.Sumber zat pengatur adalah buah-buahan,sayuran dan yang mengandung air dan mineral untuk penunjang kelancaran fungsi-fungsi organ tubuh dalam bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar