Pages - Menu

Sabtu, 24 November 2012

Hati-hati pemicu obesitas


Obesitas bisa dipicu oleh beberapa hal antara lain:
-Kandungan tiroid yang rendah dalam tubuh (hipotiroid)

Penyebab obesitas yang pertama adalah hipotiroid atau seseorang yang mempunyai kandungan tiroid rendah dalam tubuh.Sehingga memicu pertambahan berat badan cepat naik.
dan biasanya dialami oleh wanita.gejala-gejala dari kekurangan tiroid

adlah lesu,gampang capeg,sakit kepala,depresi,gampang lupa dll.Hipotiroid mengakibatkan penumpukan lemak dalam darah,susah dicairkan sehingga laju metabolisme tubuh berjalan lambat.


- kekurangan asam lemak esensial(lemak baik)

Lemak esensial merupakan lemak yang baik untuk tubuh yang digunakan untuk menghasilkan dan menambah hormon dan mempertahankan metabolisme tubuh. kekurangan asam esensial sebagian besar dialami oleh wanita,jika kekurangan asam esensial maka akan membuat nafsu makan meningkat sehingga menambah lemak didalam tubuh.

Agar tidak salah dalam memenuhi  kebutuhan lemak dalam tubuh ,maka tetap hati-hati dalam memilih makanan agar kebutuhan lemak dapat terpenuhi dengan baik sehingga lemak yang tidak dibutuhkan tidak tertimbun dalam tubuh yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

- Gula darah tidak seimbang

Tetap hati-hati dengan makanan yang mengandung gula seperti cokelat,minuman,nasi,makanan berkarbohidrat.Dan tetap jaga keseimbangan gula darah dalam tubuh agar tidak terjadi obesitas. Makanan yang banyak mengandung gula kerap buat seseorang ketagihan, hingga hormon insulin sukar mengatur kandungan gula didalam darah. Sehingga memicu kenaikan berat badan.


-Obesitas karena obat

Wanita yang menjalankan program kb terutama menggunakan pil kb biasanya berpengaruh pada nafsu makan yang menjadi naik karena siklus menstruasi yang tidak beraturan.Obat-obatan lain yang memicu obesitas contohnya obat anti peradangan, anti depresi dan obat diabetes yang mengakibatkan kenaikan berat badan.


-Obesitas karena Penyakit serius

Apabila seseorang mempunyai riwayat penyakit seperti diabetes mellitus, ginjal, penyakit liver/hati biasanya mempunyai nafsu makan yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan tubuh menaruh banyak cairan dan berakibat  timbul dampak layaknya bengkak pada mata dan pergelangan kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar